Pulau Panehan

Facebook merupakan suatu situs yang bisa dikatakan menjadi wajib bagi para netter klo pas ngenet. Kebanyakan tiap ada yang ngenet, di browsernya hampir bisa dipastikan terbuka halaman facebook. Tapi kali ini aku gak akan membahas tentang facebook. :D

Suatu hari, di tempat yang sangat jauh tapi dekat dihati ( weekekeke... ), ada sebuah pulau. Aku baru mengetahuinya saat usia 22 tahun. Padahal pulau itu ada di kabupaten kelahiranku, yaitu Kabupaten Trenggalek ( ternyata aku kurang mengenal daerahku :D ). Aku mengetahuinya dari salah satu temanku yang posting di salah satu grup di facebook.


Pulau itu bernama Panehan. Pulau Panehan adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudra Hindia dan berbatasan dengan negara Australia. Pulau Panehan ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Trenggalek, provinsi Jawa Timur. Pulau ini berada di sebelah selatan dari daerah Panggul, Trenggalek. Berikut Letak Pulau Panehan di Peta:

Sebelum panehan ada juga pulau kecil namanya Pulau Sekel, salah satu pulau kecil di Indonesia yang juga terletak di Kabupaten Trenggalek. Kata temenku kalau mau ke Pulau Panehan, lebih mudah lewat Pantai Prigi, Kecamatan Watulimo, menyeberangi laut dan bisa transit dulu di Pulau Sekel karena di sana banyak terdapat lobster dan ikan (Pulau Sekel biasa digunakan sebagai tempat perisitirahatan nelayan), setelah dari Pulau Sekel bisa langsung ke Pulau Panehan.
 
Karena Pulau Panehan merupakan salah satu pulau terluar, di pulau ini tak ada kehidupan kecuali tumbuh-tumbuhan dan beberapa hewan kecil. Dari Pulau Panehan kita bisa melihat pemandangan Australia (meskipun hanya berupa pendar lampu kecil-kecil. wekekeke....). Bila ingin pergi ke Pulau Sekel atau Panehan disarankan untuk berangkat pagi-pagi agar ketika sampai di sana sudah siang karena kalau terlalu pagi atau sore pulaunya tertutup kabut.

Sekian info dari saya. buat yang suka jalan-jalan semoga bisa jadi referensi petualangan. wekekeke... :D