Teknologi Pertanian Vs Agroteknologi

Sepintas kata yang menjadi judul artikel ini memang mirip dan dapat diartikan sama. Tapi kata itu bisa menjadi lain ketika kalian berada di Universitas Jember. Ya.. memang ada yang lain dan unik di UNEJ. Di kampus ini terdapat Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) tetapi ada juga Jurusan Agroteknologi yang menjadi bagian dari Fakultas Pertanian(Faperta). Dan ini sering membuat rancu atau bingung calon mahasiswa baru yang akan mendaftar di UNEJ. Seringkali mereka salah masuk dan merasa salah memilih jurusan karena memang orientasi kuliah serta materi perkuliahannya berbeda. Hal ini diperkuat dengan adanya pengakuan beberapa mahasiswa baru yang pernah cerita ke aku. Tahun ini juga (2013) ada kasus temanku yang merasa daftar SNMPTN di Faperta tetapi ketika lolos masuknya di FTP. Selain itu, setiap tahun juga selalu ada mahasiswa FTP yang keliru mengikuti PK2 (Pengenalan Kehidupan Kampus) di Fakultas Pertanian, karena mereka pikir Teknologi Pertanian sama aja dengan Agroteknologi.

Jadi buat kamu calon mahasiswa baru atau teman atau saudara dari mahasiswa baru yang akan memilih jurusan saat pendaftaran mahasiswa baru di Universitas Jember saya sarankan untuk lebih teliti sebelum memilih jurusan, khususnya dua jurusan yang telah saya sebutkan. Semoga penjelasanku berikut ini bisa membantu kalian dalam menentukan pilihan yang terbaik.

Apa sih bedanya?

Setahuku, Jurusan Agroteknologi yang merupakan bagian dari Fakultas Pertanian itu materi kuliahnya tentang teknologi bertani, mengurusi hal-hal pertanian sebelum panen, seperti teknik pembibitan, pengendalian hama, teknik bercocok tanam, dan sebagainya sampai tanaman siap panen. Sedangkan Fakultas Teknologi Pertanian merupakan fakultas dengan dua pilihan jurusan, yaitu Teknologi Hasil Pertanian dan Teknik Pertanian. Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP) itu kuliahnya tentang pengetahuan bahan hasil pertanian, penanganan, pengolahan, dan manajemen ekonomi bahan hasil pertanian (pasca panen) baik untuk bahan pangan maupun non-pangan. Jadi mahasiswa di THP diajari untuk menangani bahan hasil pertanian sejak pasca panen. Untuk Jurusan Teknik Pertanian (TEP) itu kuliahnya lebih ke mekanisasi pertanian, mempelajari faktor-faktor pertanian seperti tanah, pengairan, dan lainnya yang kemudian digunakan untuk membuat alat-alat pertanian. Jadi kuliahnya ada tentang mesin pertanian, otomatisasi alat pertanian (elektro), rancang bangun pertanian, dan lain sebagainya.

Mungkin itu yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Pilihlah jurusan yang kamu inginkan dan jangan pernah menyesali pilihanmu ketika kamu telah mendapatkannya.