Tugas Ilmu Sosial dan Budaya Dasar: Politik, Demokrasi, HAM, HUKUM, OTODA

POLITIK

1. Apa yang anda ketahui tentang "BUDAYA POLITIK"?
Jawab: Budaya Politik yaitu suatu budaya yang terbentuk karena kebiasaan-kebiasaan dalam kegiatan politik yang kemudian membudaya.

2. Apa yang anda ketahui tentang "PERILAKUPOLITIK"?
Jawab: Perilaku politik atau Politic Behaviour adalah perilaku yang dilakukan oleh insan/individu atau kelompok guna memenuhi hak dan kewajibannya sebagai insan politik.

DEMOKRASI

1. Jelaskan  gagasan pokok dari suatu pemerintahan demokrasi?
Jawab: Gagasan pokok  suatu pemerintahan demokrasi adalah pengakuan hakikat manusia, yaitu pada dasarnya manusia mempunyai kemampuan yang sama dalam hubungan sosial.

2. Jelaskan pengertian dari demokrasi pancasila?
Jawab: Demokrasi Indonesia berdasarkan Pancasila yang meliputi bidang-bidang politik sosial ekonomi, serta yang dalam penyelesaian masalah-masalah nasional berusaha sejauh mungkin menempuh jalan permusyawaratan untuk mencapai mufakat.

HAM

1. Apa saja yang di maksud hak asasi manusia menurut teori The four Freedom?
Jawab: menurut teori The four Freedom, hak asasi manusia adalah hak kebebasan berbicara dan menyatakan pendapat, hak kebebasan memeluk agama dan beribadah sesuai dengan ajaran agama yang diperlukannya, hak kebebasan dari kemiskinan dan hak kebebasan dari ketakutan, yang meliputi usaha, pengurangan persenjataan, sehingga tidak satupun bangsa berada dalam posisi berkeinginan untuk melakukan serangan terhadap Negara lain.

2. Jelaskan apa yang dimaksud pelanggaran HAM?
Jawab:  Pelanggaran HAM adalah setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang
termasuk aparat negara baik disengaja ataupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara hukum mengurangi, menghalangi, membatasi dan atau mencabut HAM seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh Undang-Undang ini, dan tidak didapatkan atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyelesaian hukum yang
berlaku

HUKUM

1. Sebutkan ciri-ciri untuk dapat dikatakan sebagai hukum!
Jawab: ada unsure perintah , larangan, dan kebolehan. Terdapat  sanksi yang tegas. Meliputi perintah dan larangan. Dan harus ditaati.

2. Salah satu jenis sistem Hukum adalah hukum adat. Apakah sumber dari hukum adat ini?
Jawab: Sumbernya adalah peraturan-peraturan hukum tidak tertulis yang tumbuh dan berkembang dan dipertahankan dengan kesadaran hukum masyarakatnya. Karena peraturan-peraturan ini tidak tertulis dan tumbuh kembang, maka hukum adat memiliki kemampuan menyesuaikan diri dan elastis.

OTODA

1. Apakah yang dimaksud dengan otonomi daerah?
Jawab: Otonomi Daerah adalah wewenang untuk mengatur dan mengurus rumah tangga daerah, yang melekat pada Negara kesatuan maupun pada Negara federasi. Kewenangan mengantar dan mengurus rumah tangga daerah di Negara kesatuan meliputi segenap kewenangan pemerintahan kecuali beberapa urusan yang dipegang oleh Pemerintah Pusat

2. Nilai Unitaris merupakan salah satu nilai dasar yang dikembangkan dalam UUD 1945 berkenaan dengan pelaksanaan desentralisasi dan otonomi daerah di Indonesia. Jelaskan apa yang dimaksud nilai unitaris?
Jawab: Nilai Unitaris adalah nilai yang diwujudkan dalam pandangan bahwa Indonesia tidak mempunyai kesatuan pemerintahan lain di dalamnya yang bersifat negara ("Eenheidstaat"), yang berarti kedaulatan yang melekat pada rakyat, bangsa dan negara Republik Indonesia tidak akan terbagi di antara kesatuan-kesatuan pemerintahan.