Lomba Blog Universitas Jember Untuk Meningkatkan Impact Rank, Mungkinkah?

Lomba Blog yang diadain Universitas Jember mempersyaratkan adanya backlink ke web resmi UNEJ yaitu www.unej.ac.id , apa sih maksud dan tujuannya? sebelum membahas lebih jauh mengenai opiniku tentang lomba ini, aku mau bahas dulu tentang impact rank. Impact Rank adalah jumlah `link` yang masuk ke sebuah web. Link ini seringkali dijadikan sebuah ukuran adanya apresiasi terhadap keberadaan sebuah web. Nah, semakin banyak backlink terhadap sebuah situs maka impact ranknya pun semakin bagus.

Mengapa Universitas Jember ingin meningkatkan nilai impact ranknya?
Jawaban pertanyaan tersebut ada hubungannya dengan webometric, sebuah situs terpercaya yang memiliki inisiatif untuk mempromosikan dan membuka akses publikasi ilmiah guna meningkatkan kehadiran akademik dan lembaga-lembaga penelitian di Situs Web. Situs ini, mulai tahun 2004 merangking universitas-universitas di dunia berdasarkan empat komponen utama, yakni Presence Rank, Impact Rank, Openness Rank, dan Excellence Rank. Presence Rank adalah penilaian terkait dengan jumlah halaman dalam `website`,  Openness Rank adalah jumlah karya ilmiah, dan Excellence Rank adalah jumlah jurnal internasional, dan terakhir yaitu Impact Rank yang didasarkan pada visibilitas dan dampak dari publikasi web sesuai dengan jumlah pranala luar (backlink) yang diterima. Peringkat ini diperbaharui setiap bulan Januari dan Juli, penyedia Web indikator universitas dan pusat penelitian di seluruh dunia.

Beberapa universitas mengalami kenaikan peringkat webometric karena memperbanyak tulisan atau informasi pada masyarakat tentang universitas, baik umum maupun akademik sehingga kepercayaan masyarakat naik dan "backlink" juga bertambah. Contohnya UMY yang pada tahun ini naik sampai peringkat 14 Indonesia karena banyaknya link yang masuk bahkan impact ranknya mencapai peringkat 5. Lalu berapa peringkat UNEJ pada tahun 2012? Universitas Jember pada tahun 2012 mendapat peringkat ke 44 Indonesia dan peringkat 3608. (jauh banget ya...)  Oleh karena itu, menurutku lomba blog universitas jember  yang diadakan melalui Program Studi Sistem Informasi ini merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk menaikkan impact rank website unej, apalagi sekarang ini bulan dimana webometric sedang melakukan perbaruan peringkat.

Nah, buat kamu yang cinta unej, harusnya dengan adanya atau tanpa lomba blog ini mengusahakan untuk meningkatkan backlink Universitas Jember dengan sering menulis artikel tentang unej dan mencantumkan backlink ke website unej biar peringkat unej di webometric meningkat. Kalau bisa artikelnya juga jangan asal-asalan karena ngejar SEO tapi kurang masuk ke kriteria penilaian Openness Rank. Artikelnya sebisa mungkin yang informatif, memberikan informasi tentang unej, seperti artikel Universitas Jember ( UNEJ ).

So, tunggu apalagi? let's write... :D