.
loading...
Loading...

APA BEDANYA TEPUNG DENGAN PATI?

Reply A+ A-
pict from google image

Tau nggak kalau tepung sama pati itu beda? Beberapa teman pernah saya tanya, "tau nggak bedanya tepung dan pati?" ternyata mayoritas masih banyak yang nggak tau. Sebenernya, apasih bedanya? Berikut penjelasan perbedaan tepung dengan pati.

Tepung merupakan butiran-butiran halus atau serbuk hasil penggilingan. Contohnya teping beras, tepung singkong, tepung besi, tepung kayu, dll.

Pati adalah jenis karbohidrat yang biasanya terdapat pada bahan pangan yang merupakan polimer glukosa yang terdiri atas amilosa dan amilopektin. Contoh bahan pangan yang mengandung pati adalah beras, singkong, jagung, gandum, dll.

Jadi, di dalam tepung singkong itu ada banyak komponen seperti protein, lemak, air, dan karbohidrat yang salah satu jenisnya adalah pati. Pati ini bisa diambil dari singkong dengan cara melarutkannya dengan air lalu diendapkan dan dikeringkan menjadi tepung pati.

Nah, biasanya yang bikin bingung teman-teman itu karena pati ini bisa berbentuk tepung juga. Selain itu, di pasaran pati biasanya punya sebutan lain, misal pati singkong sering disebut tepung tapioka, pati jagung disebut tepung maizena dan sebagainya.

Komposisi amilosa dan amilopektin pada pati dapat mempengaruhi karakteristik pati saat pengolahan dan hasil akhir produk. Setiap komoditas pangan mempunyai pati komposisi amilosa dan amilopektin yang berbeda. Oleh karena perlu diperhatikan tepung atau pati apa yang akan dipakai untuk membuat makanan agar makanannya enak. Lalu, gimana sih sebenernya pengaruh amilosa dan amilopektin pada pengolahan makanan? Insya Allah akan kita bahas di tulisan berikutnya. So, stay up to date ya...

Ibrahim Aghil, S.TP.
📒 fb.me/aghilibrahim
loading...
Info 1823829776593342677

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item
loading...
loading...

Mungkin Suka

loading...