.
loading...
Loading...

Ciri Unik Shahabat Nabi

Reply A+ A-
Diawali ketika aku posting kuis mengenai shahabat Nabi yang menyebar viral di grup whatsapp. Lalu ditanggapi dengan baik oleh saudara seimanku Faqih Addien Al Haq, Aisyah Humayroh, Salma Faizah Syahida, Aghilia Ummu Syahida, Khoirunnisa Amrullah, dan saudara-saudara yang lain di Grup GK (Garuda Keadilan). Terjadilah diskusi dan tebak-tebakan seru mengenai nama-nama shahabat Nabi dengan petunjuk ciri-ciri kisah uniknya. Berikut hasil rekapan nama-nama shahabat beserta kisah unik yang menjadi ciri khas shahabat tersebut.
1. Salamah bin Al Akwa, sahabat yg dijuluki "pasukan pejalan kaki"
2. Abdullah bin Ruwahah, rasul meresmikannya sebagai penyair rasulullah. syahid sebagai pemimpin pasukan lawan romawi.
3. Ubaidah bin Harits, partner ali dan hamzah dalam perang tanding di Badar
4. Abu Dzar Al Ghifari, bernama asli jundub bin junnadah, berasal dari luar mekah. datang ke mekah. setelah masuk Islam, langsung deklarasi keislaman di kakbah. dipukuli dan ditolong abu bakar.
5. Ammar bin Yasir, menyatakan kekafiran tapi diampuni oleh Allah.
6. Sumayyah, syahidah pertama sejak bi'tsah nubuwwah.
7. Barra bin Bsyr, diracuni oleh yahudi dg makanan lauk daging kambing saat penaklukan khaibar
8. Shofiyah binti huyay, jadi istri nabi dari perang khaibar
9. Ukassyah, masuk surga karena bertanya dan berharap pada nabi tentang 70.000 orang yg masuk surga tanpa hisab. sahabat lain terlambat kata nabi.
10. Sa'ad bin Rabi, pasangan Abdurrahman ibn Auf saat dipersaudarakan oleh Rosul, yg menawarkan harta dan istrinya, yg menunjukkan letak pasar pd abdrahman bin auf
11. Aisyah binti Abu Bakar, Dalam peristiwa Haditsul Ifki, pembelaan atas kesucian beliau diturunkan dari atas langit
12. Utsman bin Affan, Shahabat nabi yang dijamin masuk surga namun g ikut Ba'iatur Ridwan
13. Ali bin Abi Thalib, Sakit mata beliau pada saat pengepungan Khaibar tidak menghalangi beliau menaklukkan benteng tersebut
14. Dihyah bin Khalifah, Dikenal sebagai shahabat yang tampan, Malaikat Jibril kadang kala mengambil rupa beliau pada saat bertemu Nabi shallallaahu alaihi wa sallam
15. Bilal bin Rabbah, Suara sandalnya di surga didengar oleh rasulullah
16. Umar bin Khatab, Apabila shahabat ini melewati satu jalan, syaithan akan mengambil jalan lainnya
17. Abu Bakar Ash Shidiq, Surah Al Lail ayat 17 dan seterusnya turun berkaitan dengan shahabat ini
18. Huzaifah bin Al Yaman, Julukannya adalah shahibus sirri rasulullah. Penjaga rahasia nabi mengenai identitas orang2 munafik di Madinah
19. Abu Hurairah, Beliau radhiyallaahu anhu adalah shahabat yang paling banyak meriwayatkan hadits nabi
20. Abdullah bin Abbas, Julukannya adalah samudra ilmu. Satu2nya shahabat amrad (g berjenggot atau berkumis, karena masih muda) yang diizinkan ikut majelis penasehatnya Khalifah 'Umar
21. Mush'ab bin Umair, Pemuda ini gugur pada perang Uhud. Ketika jasad beliau ditutup kepalanya maka tampaklah kakinya dan sebaliknya (karena pendeknya kain penutup jenazah beliau), padahal sebelum masuk Islam beliau radhiyallaahu anhu adalah seorang kaya raya.
22. Muawiyah bin Abu Sufyan, Shahabat ini adalah Panglima angkatan laut pertama dalam Islam
23. Zaid bin Haritsah, Satu2nya shahabat yang namanya disebutkan dalam Al Quran
24. Khaulah binti Tsa'labah, Aduan shahabiyah ini tentang suaminya diabadikan dalam surah Al Mujaadilah
25. Abdullah bin Umar, sahabat yg dikenal dgn ittiba' rasulnya. sampai buang air di tempat rasul buang air.
26. Abu Darda', menemani salman al farisi melamar, tapi sang wanita lebih memilih dia.
27. Suraqah bin Malik, dijanjikan nabi memakai mahkota kisra dalam perjanjian di atas tulang
28. Amr bin Ash, gubernur mesir yg diluruskan umar dengan sepotong tulang karena aduan yahudi tua
29. Saad bin Abi Waqash, dijamin rasul dgn orang tuanya dan panahnya tidak pernah meleset. Keislamannya dimulai ketika dia bermimpi seolah-olah tenggelam dalam kegelapan yang tindih menindih. bekerja sebagai pembuat panah dan menjualnya. Pekerjaannya ini membuat ia pandai memainkan panah dan menunggang kuda.
30. Saad bin Mu'adz, menjadi hakim yg keputusannya membunuh semua lelaki yahudi bani quraizah setelah perang khandaq
31 Abu Ubaidah bin Jarrah bernama asli Amir bin Abdillah bin Jarrah, ikut membunuh ayahnya sendiri dalam perang Badr
32. Jabir bin Abdullah, masak satu kambing gulai saat perang khandaq, tapi cukup utk memberi makan 3000 orang
33. Thalhah bin Ubaidillah, dijuluki 'syahid yang berjalan'
34. Zaid bintsabit, penulis al quran dan sekretaris rasuluLlah
35. Khaulah binti Azur, Bergelar ksatria berkuda hitam, ikut berperang bersama khalid bin walid di peperangan melawan romawi di ajnadin. Kedatangannya merupakan sebuah ujian
36. Ikrimah bin Amr bin Hisyam, Ayahnya dipenggal oleh Abdullah bin Mas'ud dalam Badar. melawan Khalid saat pembebasan Makkah. Namun menjadi seorang pahlawan di banyak peperangan semasa khulafa ur rasyidin.
37. Uwais Al Qarni, dia bukan sahabat. tp hidup di masa nabi. Rasulullah bersabda tentangnya, bahwa dia adalah selebritis bagi penduduk langit.
38. Muthi'ah, Dia disabdakan rasul sebagai wanita pertama yang masuk surga. wanita yang masuk surga karena ketaatan pada suaminya. Bahkan putri nabi, fatimah, sampai rela mengunjungi rumahnya untuk mengetahui fadhilah amal yg mengantarkannya ke surga.
39. Hamnah, ibunda Saad bin Abi Waqash, seorang wanita hartawan keturunan bangsawan Quraisy, yang memiliki wajah cantik dan anggun.
40. Shofiyah bin Abdul Muthalib, ibunda Zubair bin Awwam, bibi nabi yang menangisi saudaranya yang syahid di Uhud. Oleh Rasul dicegah, tapi dia berkata 'tidak bolehkan aku melihat saudaraku yang syahid di jalan Allah. aku tidak akan mengapa'. Dia adalah saudari Hamzah bin Abdul Muthalib.
41. Laila binti Abi Hasymah, Wanita pertama yang tiba di madinah saat hijrah.
42. Asma' binti Abu Bakar, Putri sahabat nabi yang dijuluki dzatun nithaqain
43. Abu Salamah bin Al Asad, shahabat yang pertama hijrah ke madinah. istrinya menangis di tengah padang pasir selama hampir setahun karena ditinggal dan dipisahkan oleh anaknya.
44. Ushairim bin Al Asyhal, Masuk islam ketika perang uhud, ikut berperang kemudian syahid. Belum pernah melaksanakan shalat sekalipun, tapi nabi bersabda "dia mengerjakan yg sedikit namun mendapat pahala melimpah"
45. Al Mundzir bin Amr, yang dijuluki al ma'niqu liyamuta (yang ingin cepat2 mati syahid)
46. Ja'far bin Abi Thalib, Pemegang bendera pada perang mu'tah setelah zaid bin haritsah syahid, kemudian menyusul syahid dan dijuluki at-thayyar
47. Hanzhalah bin Abu Amir, Pengantin semalam, Berjihad di perang uhud dalam keadaan junub, jenazahnya dimandikan malaikat.
48. Kaab bin Malik, Shahabat yang tertinggal Perang Tabuk karena lalai, jujur mengaku salah padahal bisa bikin alasan bohong, dihukum dg dikucilkan, pengampunannya di tandai dg turunnya ayat di QS At Taubah.
49. Zainab binti Jahsy, Istri nabi yang mencintai dengan tulus, satu-satunya wanita yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Rasulullah ketika keluarganya hidup dalam kebiasaan jahilayah. Qs. AlAhzab:50 adalah ayat yang diturunkan Allah sehubungan dengan dirinya.
50. Nusaibah binti Ka'ab, Syahidah perang uhud yang luar biasa, suami dan dua anaknya syahid pula di peperangan yang sama.
51. Juwairiyah binti Harits, Beliau adalah secantik-cantik wanita yang ditawan ketika kaum muslimin mengalahkan bani mushthaliq di perang muraisi, beliau juga penyebab dibebaskannya 100 keluarga bani mushthaliq. Mulanya beliau menjadi tawanan kemudian dimuliakan dengan menjadi istri Rasulullah.
52. Hafshah binti Umar bin Khatab, Wanita yang tegas, pandai membaca dan menulis, hampir dikubur hidup-hidup oleh bapaknya. Suaminya syahid di perang Badar, menjadi janda pada umur 18 tahun yang kemudian oleh bapaknya dinikahkan dengan Rasulullah.
53. Usamah bin Zaid, shahabat Rasul, panglima perang termuda.
loading...
Ensiklopedia 8610586012843565568

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item
loading...
loading...

Mungkin Suka

loading...