.
loading...
Loading...

Universitas Jember ( UNEJ )

2 A+ A-
Yap... di postingan kali ini aku mau bahas tentang salah satu universitas negeri yang ada di Jember tersebut sesuai judul. Tau gak kenapa kok harus bahas Universitas Jember? ya karena unik dan menarik :P. Selain itu, Universitas Jember atau yang biasa disebut UNEJ (klo aku sih lebih suka nyebut UNJEM.. hahaha...) adalah sebuah universitas dimana aku menimba ilmu. Terus terang, aku sendiri baru kenal universitas ini pas mau kuliah. Parahnya lagi aku baru tau letak Kabupaten Jember pas udah kuliah. hahaha... :D

Universitas Jember ini terletak di pusat Kabupaten Jember, kurang lebih 2-3 Km klo dari alun-alun. Kabupaten Jember sendiri terletak di sebelah barat Kabupaten Banyuwangi. Kabupaten ini berada di antara Kawah Ijen dan Gunung Bromo serta dikelilingi perkebunan yang sebagian besar ditanami tembakau, kopi, coklat dan tebu. Suasana Kabupaten Jember yang masih lumayan alami dengan harga makanan yang lumayan murah membuatku betah untuk menimba ilmu di Kabupaten tersebut. Wilayah Jember ini didominasi oleh suku jawa dan madura. Dan asal tau aja pertama aku datang di Jember langsung kost di rumah orang madura, diajak ngomong bahasa madura, aku cuma plonga-plongo gak ngerti (maklum, aku orang jawa bro). Aku sendiri klo ngomong sama orang tua terbiasa pake bahasa jawa halus (kromo inggil), orangnya ngomong madura, aku ngomong jawa alus, jadinya sama-sama haho. hahaha...

Oke dah, pengantarnya cukup dulu. sekarang bahas UNEJnya....

Universitas Jember awal mulanya berasal dari gagasan dr. R. Achmad bersama-sama dengan R. Th. Soengedi dan R. M. Soerachman yang bercita-cita mendirikan perguruan tinggi di Jember. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut pada tanggal 1 April 1957, ketiganya membentuk panitia yang diberi nama Panitia Triumviraat dengan komposisi Ketua dr. R. Achmad; Penulis R. Th. Soengedi, dan Bendahara R. M. Soerachman. Klo pengen tau tentang beliau bertiga, bisa baca biografinya di patung triumviraat di depan kantor rektorat yang menghadap double way.

Nah, Panitia Triumviraat ini pada tanggal 5 Oktober 1957 membentuk yayasan dengan nama Yayasan Universitas Tawang Alun (disahkan dengan Akta Notaris tanggal 8 Maret 1958 Nomor 13 di Jember). Yayasan Universitas Tawang Alun inilah yang kemudian mendirikan universitas swasta di Jember dengan nama Universitas Tawang Alun yang kemudian disingkat UNITA. Dalam perjalanannya, ketiga tokoh tersebut mendapatkan dukungan penuh Bupati Jember saat itu, R. Soedjarwo.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP No. 151 Tahun 1964 tanggal 9 Nopember 1964, tentang didirikannya Universitas Negeri di Jember. Usaha tanpa kenal lelah sejak tahun 1957 itu akhirnya berhasil menjadi kenyataan, Universitas Negeri Djember berdiri !

Pada awal berdirinya pada tahun 1964, Universitas Negeri Djember yang disingkat UNED, memiliki lima fakultas, terdiri dari Fakultas Hukum di Jember, dengan cabangnya di Banyuwangi, Fakultas Sosial dan Politik dan Fakultas Pertanian di Jember, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Sastra di Banyuwangi. Dengan rektor pertama dijabat oleh dr. R. Achmad. Kepemimpinan dr. R. Achmad dilanjutkan oleh Letkol Soedi Harjohoedojo (1967-1969), Letkol Soetardjo, SH (1969-1978) dan Kolonel Drs. H.R. Warsito (1978-1986). Baru semenjak tahun 1986, rektor Universitas Jember dijabat oleh sivitas akademika-nya sendiri, yakni oleh Prof. Dr. Simanhadi Widyaprakosa (1986-1995), Prof. Dr. Kabul Santoso, M.S. (1995-2003), Dr. Ir. T. Sutikto, M.Sc. (2003-2012), dan Moch. Hasan, M. Sc., Ph.D (2012 - sampai saat ini).

Seperti perguruan lainnya Universitas Jember mempunyai tugas pokok yaitu menyelenggarakan pendidikan tinggi dan memberikan pendidikan berdasarkan kebudayaan bangsa Indonesia dengan cara ilmiah serta mengamalkan tridharma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia dalam upaya mewujudkan tujuan nasional.

Owhya... Dalam mewujudkan tercapainya tugas-tugas tersebut Universitas Jember punya Motto yang mantab lho... yaitu Quality First dimana UNEJ akan selalu mengutamakan kualitas dalam kebijakan-kebijakannya untuk menjaga mutu akademik.

Nah.. buat yang pengen tau VISI dan MISI Universitas Jember, bisa langsung diamati dengan seksama... :D

Visi 
menjadi sebuah lembaga pendidikan tinggi yang berkualitas, berawasan lingkungan; danmampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) untuk kepentingan manusia, khususnya pada bidang agroindustri.

Misi 
Meningkatkan kualitas tridarma Perguruan Tinggi (PT) serta sistem menejemen.
Meningkatkan peran serta dalam upaya pelestarian lingkungan.
Mengembangkan IPTEKS untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
Membina serta mengembangkan jaringan kerja sama sesuai asas kesetaraan.

Selain itu, sampai dengan Tahun Akademik 2012/2013, Universitas Jember mempunyai 13 Fakultas dan 2 Program Studi setara Fakultas yang terdiri dari 11 Program Studi jenjang Diploma, 40 Program Studi jenjang S-1, dan 8 Program Studi jenjang S-2, dan 1 Program Studi jenjang S-3 yaitu:
Masing-masing Fakultas dan Program Studi setara Fakultas memiliki identitas dan kompetensi lulusan sesuai dengan kebutuhan stakeholders. Aku sendiri masuk ketrima di fakultas yang paling TOP (TOP jadwal kuliahnya, TOP praktikumnya, TOP tugasnya, TOP aktivitasnya dan tentunya TOP civitasnya. hehehe...) tau gak fakultas apa? yap... fakultas teknologi pertanian atau biasa disebut FTP.

Dalam mengoptimalkan pelayanannya, UNEJ memiliki beberapa lembaga pendukung, lembaga tersebut di antaranya adalah:
Lemlit merupakan unsur pelaksana akademik yang melaksanakan sebagian tugas pokok dan fungsi universitas di bidang penelitian yang berada di bawah rektor. Saat ini yang jadi ketua lemlitnya dosen dari fakultasku lho, Pak Prof.Ir. Achmad Subagio, M.Agr., Ph.D. penemu MOCAF (Modified Cassava Flour) dan Beras Cerdas. hebat kan... :)

Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat merupakan unsur pelaksana akademik yang melaksanakan tugas pokok di bidang pengabdian kepada masyarakat yang berada di bawah rektor. Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat mempunyai tugas menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan ikut mengusahakan serta mengendalikan sumber daya yang diperlukan.

Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan merupakan unsur pelaksana yang mengembangkan, mengkoordinasi, memantau, dan menilai pelaksanaan kegiatan pendidikan yang diselenggarakan oleh pusat-pusat pendidikan dan ikut mengusahakan serta mengendalikan administrasi sumber daya yang diperlukan.

Prestasinya pun gak kalah sama Universitas lain. Beberapa diantaranya nih ada:
Aku bersama temanku, bertiga, juga pernah Juara I Lomba KTI Teknologi Pertanian Tepat Guna di event Pekan Inovasi Mahasiswa Pertanian Indonesia (PIMPI) di IPB, bulan November tahun 2012 kemarin.

Nah... buat temen-temen yang pengen join jadi mahasiswa UNEJ, bisa download brosur unej di link berikut:
http://www.unej.ac.id/index.php/id/download/category/16-brosur.html

untuk pendaftaran menjadi mahasiswa UNEJ bisa melalui jalur:
SBMPTN ( Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri )
Sekian dulu ya ceritanya. udah capek aku nulisnya. Klo ada yang kurang jelas dan mau ditanyakan, silahkan tinggalkan pesan dikolom komentar. Syukron... :)

loading...
Info 9194098628725935843

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item
loading...
loading...

Mungkin Suka

loading...