Training Kepemimpinan FSUKI Universitas Jember: Bentuk Pemimpin Penuh Cinta

Perhatian FSUKI atau Forum Silaturahim Unit Kerohanian Islam Universitas Jember terhadap kepemimpinan pemuda sangat besar. Hal ini terlihat dari acara tahunannya, yaitu training kepemimpinan. Tahun ini, acara training kepemimpinan diadakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 11-12 Mei 2013 kemarin. Acara ini merupakan salah satu program upgrading staff untuk anggota dan pengurus UKMKI atau Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam tiap Fakultas di Universitas Jember yang tergabung dalam FSUKI. Untuk training kepemimpinan tahun 2013 ini yang dapet proyek buat ngejalanin acaranya adalah UKMKI Asy Syifa' yaitu UKMKI dari Fakultas Farmasi. Selain itu, program ini terwujud berkat dukungan dan kerjasama dari UNEJ Prestatif yang merupakan salah satu kelompok studi yang juga mempunyai perhatian besar terhadap kepemimpinan.

Training kepemimpinan (TK) yang diadakan di Fakultas Farmasi ini, dihadiri oleh seratusan lebih peserta yang berasal dari 12 UKMKI yang tergabung dalam FSUKI, yaitu UKMKI Asy Asyifa, dari Fakultas Farmasi, UKMKI Imsac dari Fakultas Kedokteran, UKMKI Kosinusteta dari Fakultas Teknologi Pertanian, UKMKI Ash Shihah dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, UKMKI F-Siap dari Fakultas Pertanian, UKMKI ID dari Fakultas Kedokteran Gigi, UKMKI Ions dari Fakultas MIPA, UKMKI Bastiling dari Fakultas Ekonomi, UKMKI SIB dari Fakultas Hukum, UKMKI Siklus dari FISIP, UKMKI Masa dari FKIP, dan UKMKI Ristek dari Fakultas Teknik.

Acara yang mengambil tema "Bergerak Bersama, Memimpin dengan Cinta, Wujudkan Unej Terbina" ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu training kepemimpinan 1 (TK1) untuk anggota dan pengurus baru UKMKI dan training kepemimpinan 2 (TK2) untuk pengurus lama UKMKI yang telah lulus training kepemimpinan 1. Untuk training kepemimpinan 1 dilaksanakan di ruang kuliah 1 fakultas farmasi. Sedangkan training kepemimpinan 2 dilaksanakan di aula fakultas farmasi. Meskipun begitu, untuk acara pembukaan, semua peserta berkumpul jadi satu di ruang aula.

Peserta Training Kepemimpinan Saat Pembukaan
Pada pembukaan acara training kepemimpinan ini, peserta disuguhi materi tentang disiplin dan menghargai waktu yang disampaikan oleh Mas Berry Nur Arif mantan Presiden BEM UNS 2010/2011. Pada materi tersebut disampaikan bahwa dalam kepemimpinan, disiplin dan menghargai waktu sangat diperlukan. Ketika memilih kuliah dan berorganisasi, maka kemampuan membagi waktu serta menetapkan skala prioritas sangat dibutuhkan agar keduanya bisa berjalan seimbang.
Akh Berry Lagi Semangat Nyampein Materi
Setelah pembukaan selesai, peserta TK1 dan TK2 dipisah dan menempati ruang pelatihan yang telah ditentukan untuk mendapatkan materi sesuai kapasitas peserta. Untuk peserta TK1 materi pertama disampaikan oleh ust. Novan Aulia Rahman, S.Komp. dengan materi tentang Pengenalan Dakwah Kampus. Materi selanjutnya yaitu tentang pentingnya pembinaan yang disampaikan oleh ust. Novan Yudhistira, SE.. Untuk materi terakhir yaitu tentang birokrasi dan manajemen kepemimpinan diberikan oleh salah satu dosen di fakultas pertanian, yaitu ust. Ir. Marga Mandala, MP., PhD. Acara dihari pertama ini kemudian ditutup dengan post test dan do'a.

Hampir sama seperti susunan acara TK1, pada pelatihan TK2 ini juga diisi dengan tiga materi. Materi pertama tentang urgensi amanah dan membina yang diberikan oleh ust. Novan Yudhistira, SE. Kemudian dilanjutkan dengan materi strategi dakwah yang diberikan oleh ust. Uqi dan terakhir materi tentang Al Qiyadah wal Jundiyah dengan pemateri ust. Dudin. Pada TK2 ini acara hari pertama juga ditutup dengan post test dan do'a.

Secara keseluruhan, acara hari pertama ini cukup sukses, walaupun ada sedikit keterlambatan dan kemoloran waktu pada acara TK2.

Hari kedua, yaitu hari ahad 12 Mei 2013, acara Training Kepemimpinan dilanjutkan lagi. Kali ini semua peserta mulai dari awal sampai akhir acara berada dalam satu ruang. Acara ini dimulai pada pukul 08.45 WIB dengan agenda pertama open talk antara anggota UKMKI dengan pengurus dan alumni FSUKI. Pada hari kedua ini ada hal yang spesial, yaitu hadirnya para alumni FSUKI dengan cerita pengalaman mereka masing-masing ketika mendirikan dan membesarkan FSUKI. Pada sesi open talk ini sangat seru, banyak kritik saran dan ide-ide unik dari peserta. Ide yang paling panas adalah ide untuk legalisasi FSUKI sebagai lembaga resmi di universitas, bukan sekedar forum. Saking serunya, open talk ini berlangsung sampai Dzuhur dan dilanjutkan ladi setelah sholat hingga pukul 13.30 WIB. Kemudian acara dilanjutkan dengan materi tentang ukhuwah yang disampaikan oleh ust. Abu Hasanudin, pengasuh Ma'had Tahfidz Qur'an Ibnu Katsir Jember. Pada materi ini ust. Abu menyampaikan bahwa ukhuwah itu sangat penting, tiada ukhuwah tanpa cinta. Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan sebuah hadist Nabi saw. :

“Seorang laki-laki mengunjungi saudaranya (seiman) di kota lain. Lalu Allah mengirim satu malaikat untuk mengikuti perjalanannya. Tatkala bertemu dengannya, Malaikat itu bertanya : “Ke manakah engkau hendak pergi? “Ia menjawab : “Aku hendak mengunjungi saudaraku di kota ini’.Malaikat itu bertanya lagi : “Adakah suatu keuntungan yang engkau harapkan darinya?’ Ia menjawab : ‘Tidak ada, hanya saja aku mencintainya karena Allah. Maka malaikat itu berkata : “Sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu untuk menyampaikan bahwa Allah mencintaimu sebagaimana engkau mencintainya karena Allah”. [Hadist Shahih, diriwayatkan oleh Bukhari dalam al-Adabul Mufrad (544), Ibnu Hibban]

Ust. Abu juga menyampaikan bahwa cinta terhadap saudara seiman dan ukhuwah karena Allah akan terwujud dalam bentuk salamatus shadr (berlapang dada) yang dikuatkan dengan kisah seseorang yang oleh Rasulullah disebut sebagai ahli surga karena selalu memaafkan kesalahan saudara-saudaranya tiap akan tidur. Selain itu, cinta dalam ukhuwah dapat diwujudkan dalam bentuk Itsar (mendahulukan kepentingan saudaranya), dalam hal ini ust. Abu menceritakan kisah sahabat korban perang yang semuanya syahid kehausan karena lebih memilih mendahulukan saudaranya yang memerlukan air. Materi ini diakhiri dengan muhasabah yang juga dipimpin oleh ust. Abu.

Setelah materi dari ust. Abu, acara selanjutnya adalah penyerahan sertifikat dan pembacaan komitmen. Kemudian acara diakhiri dengan do'a yang dilanjutkan dengan menyanyikan nasyid Senandung Ukhuwah bersama-sama kemudian foto-foto bareng.
Para Akhwat Nyanyiin Nasyid Senandung Ukhuwah

Yang pengen nyanyiin juga, Ini nih lirik nasyid Senandung Ukhuwahnya... :D

Sigma-Senandung Ukhuwah.

Diawal kita bersua,
mencoba untuk saling memahami.
Keping-keping di hati terajut dengan indah,
rasakan persaudaraan kita.

Dan masa-pun silih berganti,
ukhuwah dan amanah tertunaikan.
Berpeluh suka dan duka,
kita jalani semua semata-mata harapkan ridho-Nya.

Sahabat, tibalah masanya,
bersua pasti ada berpisah.
Bila nanti kita jauh berpisah,
jadikan rabithoh pengikatnya,
jadikan do'a ekspiresi rindu.
Semoga kita bersua di surga.

Dan masa-pun silih berganti,
ukhuwah dan amanah tertunaikan.
Berpeluh suka dan duka,
kita jalani semua,
semata-mata harapkan ridho-Nya.

Sahabat, tibalah masanya,
bersua pasti ada berpisah.
Bila nanti kita jauh berpisah,
jadikan rabithoh pengikatnya,
jadikan do'a ekspiresi rindu.
Semoga kita bersua di surga.