.
loading...
Loading...

Titen GX-V, Juara Umum 1 Mobil Listrik Nasional karya Mahasiswa UNEJ

Reply A+ A-



Jika tahun sebelumnya Universitas Jember dengan mobil listrik Titen GX-3 hanya berhasil meraih juara 2 nasional, tahun ini Tim Mahasiswa Universitas Jember, Jawa Timur yang tergabung dalam “Titen GX-V” menjadi juara umum 1 Kompetisi Mobil Listrik Nasional di Politeknik Negeri Bandung pada 25-27 Oktober 2013 kemarin. Dari 4 kriteria yang dilombakan, kategori percepatan mobil, pengereman, efisiensi energi, dan kategori kecepatan kendaraan (mobil listrik), Tim ini memiliki catatan dengan nilai yang memuaskan. 

Mobil Listrik Titen GX-V memperoleh juara 1 dalam kategori percepatan dan pengereman. Pada kategori efiensi tenaga dan kecepatan, Titen GX-V berada pada urutan ke-2. Namun secara keseluruhan Titen GX-V tampil sebagai juara umum 1.

Mobil listrik tim Unej tersebut memiliki nilai efisiensi tenaga yang cukup tinggi. Dalam perlombaan 10 Lap (7,5 kilometer) hanya membutuhkan daya 108 Watt. Jauh lebih efisien dari tim lain yang membutuhkan daya sekitar 200 Watt untuk 10 putaran (7,5 kilometer). Dengan efisiensi yang tinggi tersebut Tim Titen GX-V Universitas Jember  yang beranggotakan 17 mahasiswa Teknik Elektro dan Teknik Mesin Universitas Jember mampu mengalahkan 13 peserta dari 13 perguruan tinggi negeri dan swasta seluruh Indonesia yang ikut kompetisi.

Berat mobil yang hanya sekitar 140 kilogram dan desain mobil yang sederhana, membuat mobil listrik milik Tim Titen GX-V Unej mampu melaju dengan kecepatan maksimal.  Dengan power 1.000 Watt, Mobil Listrik Titen GX-V mampu melaju dengan kecepatan 50-60 kilometer/ jam dan mampu menempuh jarak 60 kilometer dengan baterai penuh.

Prestasi Tim Titen GX-V ini disambut bahagia oleh rektor Universitas Jember, Drs. Moh. Hasan, M.Sc.,Ph.D. Rektor berharap para tim Titen GX-V mampu mempertahankan gelar juara yang diraih serta meningkatkan prestasinya sehinga bisa tampil sampai ditingkat Internasional. (ibrahimaise/unej)

source: unej.ac.id

loading...
Berita 6701537333836007979

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item
loading...
loading...

Mungkin Suka

loading...